Rabu, 25 November 2009

Faktor yang Mempengaruhi Perilaku

MAKALAH PSIKOLOGI
FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU




DISUSUN
OLEH : KELOMPOK III
KETUA : GILANG PRATAMA
SEKRETARIS : RAHAYU
ANGGOTA : 1. DELFI OKTALIZA ALFA
2. GHUPIROLAHA
3. MUTHIA
4. NURHASANAH


STSIPOL CANDADIMUKA PALEMBANG
TAHUN AJARAN 2009 / 2010
KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah, SWT berkat rahmat dan karunianya kami dapat menyelesaikan tugas makalah Ilmu Psikologi yang berjudul “Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Manusia”. Dengan dosen mata kuliah Bapak Nasir, S.Pd.
Kami menyadari sepenuhnya, bahwa di dalam menyusun makalah ini banyak terdapat kesalahan, jadi kritik dan saran dari pembaca sangat kami harapkan untuk dapat memperbaikinya di lain kesempatan.
Semoga makalah ini bermanfaat bagi semua orang dan dapat berguna di masa yang akan datang.
Demikianlah kami sampaikan pengantar ini, dengan harapan semoga makalah ini dapat dimengerti dan dapat bermanfaat.



Palembang, 05 November 2009


Penyusun




DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR I
DAFTAR ISI II
BAB 1 PENDAHULUAN
1. Pengertian Perilaku 4
BAB 2 FAKTOR MEMPENGARUHI PERILAKU
1. Faktor Keturunan 5
a) bentuk tubuh dan warna kulit 5
b) Sifat – sifat 5
c) Intergensi 6
d) Bakat 6
e) penyakit / bawaan 6
3. Faktor Lingkungan 7
a) Keluarga 7
b) Sekolah 7
c) Masyarakat 7
d) keadaan alam sekitar 7
BAB 3 FAKTOR GENETIK ATAU FAKTOR ENDOGEN
a) Jenis Ras 8
b) Jenis Kelamin 8
c) Sifat Fisik 8
d) Sifat Kepribadian 8
e) Bakat Pembawaan 8
f) Intelegensi 8





BAB 1
PENDAHULUAN
A. Pengertian Perilaku
Perilaku manusia adalah sekumpulan perilaku yang dimiliki oleh manusia dan dipengaruhi oleh adat, sikap, emosi, nilai, etika, kekuasaan, persuasi, dan/atau genetika.
Perilaku seseorang dikelompokkan ke dalam perilaku wajar, perilaku dapat diterima, perilaku aneh, dan perilaku menyimpang. Dalam sosiologi, perilaku dianggap sebagai sesuatu yang tidak ditujukan kepada orang lain dan oleh karenanya merupakan suatu tindakan sosial manusia yang sangat mendasar. Perilaku tidak boleh disalahartikan sebagai perilaku sosial, yang merupakan suatu tindakan dengan tingkat lebih tinggi, karena perilaku sosial adalah perilaku yang secara khusus ditujukan kepada orang lain. Penerimaan terhadap perilaku seseorang diukur relatif terhadap norma sosial dan diatur oleh berbagai kontrol sosial. Dalam kedokteran perilaku seseorang dan keluarganya dipelajari untuk mengidentifikasi faktor penyebab, pencetus atau yang memperberat timbulnya masalah kesehatan. Intervensi terhadap perilaku seringkali dilakukan dalam rangka penatalaksanaan yang holistik dan komprehensif.

BAB 2
FAKTOR MEMPENGARUHI PERILAKU

Ada 2 faktor penting yang mempengaruhi perilaku seseorang
1. faktor keturunan/warisan
dibawa anak sejak dari kandungan ibunya terutama dari kedua orang tua dan selebihnya dari nenek moyangnya. Warisan yang terpenting adalah bentuk tubuh, raut wajah, warna kulit, intelegensi, bakat, sifat, atau watak dan penyakit.
a. bentuk tubuh dan warna kulit
kalau ia keturunannya gemuk bagaimanapun susah hidupnya ia tetap saja menjadi gemuk, orang keriting, bagaimanapun usahanya meluruskan rambut akan menjadi keriting.
b. Sifat – sifat
Kikir, pemboros, hemat, penyabar, pemarah, hemat dsb. Sifat – sifat tersebut dibawa sejak lahir. Ada yang dapat diketahui dari balita dan adapula setelah dewasa. Misalnya sifat keras dapat dilihat dari anak yang berumur kurang dari 1 tahun, pemarah juga dapat diketahui setelah anak dapat bicara. Sifat atau tabiat berbeda dengan kebiasaan. Sifat sangat sukar diubah sedangkan kebiasaan dapat diubah bila dilakukan dengan sungguh – sungguh. Sifat dan kebiasaan merupakan corak dari seorang atau suku bangsa. Misal sifat orang jawa, ramah, lucu dan kebiasaannya memakai kebaya.
Eduard Spranger, ahli jiwa bangsa Jerman, membagi watak manusia atas dasar nilai – nilai yang dianut oleh seseorang. Nilai – nilai itu ialah nilai ekonomi, politik, sosial, ilmu pengetahuan, kesenian, dan agama. Berdasarkan kuat lemahnya nilai – nilai itu dalam diri seseorang.
E. membagi watak / kepribadian manusia menjadi 6 tipe manusia yaitu :
1. Manusia teori, orang – orang ini berpendapat ilmu pengetahuan paling penting berada diatas segala – galanya.
2. Manusia ekonomi, nilai yang paling penting bagi orang ini adalah uang.
3. Manusia sosial, bagi orang ini, sosial yang paling mempengaruhi jiwa raga, mereka memiliki sifat penolong.
4. Manusia Politik, Nilai yang terpenting bagi orang ini ialah politik. Sifat orang ini suka menguasai dan memerintah.
5. Manusia Seni, Jiwa orang ini selalu dipengaruhi oleh nilai – nilai kesenian. Sebagian besar waktunya dipergunakan untuk mengabdi kepada Kesenian (halus dan berperasaan.
6. Manusia Saleh, Orang ini pecinta nilai- nilai agama. Bai mereka lebih penting dalam hidup ini ialah mengabdi kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dan senantiasa memperhatikan ajaran – ajaran agama.
c. Intergensi
Kemampuan yang bersifat umum meliputi kemampuan psikis yang absrak, matematis, memahami, mengingat, berbahasa dsb. Kemampuan umum ini dapat diketahui dengan mengadakan tes intergensi. IQ (Intergensi Quition).
d. Bakat
Adalah kemampuan khusus yang menonjol diantara berbagai jenis kemampuan yang dimiliki seseorang. Kemampuan khusus tersebut biasanya bentuk keterampilan atau suatu bidang ilmu misal, music, nyanyi, olahraga, matematika, bahasa, ekonomi, keguruan,social, agama dsb. Seseorang biasanya memiliki satu atau lebih bakat tertentu tetapi ada juga yang tidak memiliki bakat sama sekali, artinya dfalam semua bidang – bidang ilmu dan keterampilan yang lemah. Bakat dapat ditunjang dengan pelatihan dan didukung dana memadai karena seseorang yang memiliki bakat tertentu sejak lahir tetapi tidak memiliki kesempatan untuk mengembangkannya maka bakat tersebut hanya akan terpendam.
e. penyakit / bawaan
beberapa penyakit atau cacat tubuh bias berasal dari keturunan seperti kebutaan, syaraf, luka yang sulit kering dsb. Penyakit yang dibawa sejak lahir akan terus mempengaruhi perkembangan jasmani dan rohani anak.

2. Faktor lingkungan
Lingkungan sangat berperan dalam perkembangan anak. Besar kecilnya pengaruh lingkungan terhadap pertumbuhan dan perkembangannya bergantung kepada keadaan lingkungan anak kitu sendiri serta jasmani dan rohaninya.
a. Keluarga
Tempat anak diasuh dan dibesarkan berpengaruh sangat besar terhadap pertumbuhan dan perkembangannya, terutama keadaan ekonomi dan tingkat kemampuan orang tua merawat anak yang sangat besar pengaruhnya terhadap pertumbuhan jasmani. Tingkat pendidikan orang tua besar pengaruhnya perkembangan rohani anak terutama dalam hal kepribadian dan kemajuan pendidikan.
b. Sekolah
Pengaruhnya sangat besar dalam hal kecerdasan anak. Tinggi rendahnya pendidikan dan jenis sekolah turut menentukan pola piker dan kepribadian.
c. Masyarakat
Lingkungan tempat tinggal anak tinggal, kondisi orang- orang yang tinggal di lingkungan tersebut juga mempengaruhi perkembangan jiwanya.
d. keadaan alam sekitar
Adalah lokasi tempat tinggal anak, seperti desa, kota, pantai, gunung, terpencil dsb.




BAB 3
FAKTOR GENERIK ATAU ENDOGEN

Factor generic atau keturunan merupakan konsepsi dasar atau modal untuk melanjutkan perkembangan perilaku makhluk hidup itu. Factor generic berasal dari dalam individu (endogen), antara lain :
a. Jenis Ras
Setiap ras di dunia mempunyai perilaku yang spesifik saling berbeda dengan yang lainnya.
Tiga ras terbesar, yaitu :
1) Ras Kulit Putih (Kaukasia)
Ciri fisik : warna kulit putih, bermata biru, berambut panjang.
Perilaku yang dominan : terbuka, senang akan kemajuan, dan menjunjung HAM.
2) Ras Kulit Hitam (Negroid)
Ciri fisik : warna kulit hitam, bermata hitam, berambut keriting.
Perilaku yang dominan : ramah tamah, suka gotong-royong, tertutup dan senang upacara ritual.
b. Jenis Kelamin
Perbedaan perilaku pria dan wanita dapat dilihat dari cara berpakaian dan melakukan pekerjaan sehari-hari, pria berprilaku atas dasar pertimbangan akan dan rasional, sedangkan wanita atas dasar pertimbangan emosional. Perilaku pada pria disebut maskulin sedangkan perilaku wanita disebut feminim
c. Sifat Fisik
d. Sifat Kepribadian
e. Bakat Pembawaan

DAFTAR PUSTAKA



Pengantar Psikologi, Ferdy. A, S.Sos,MM
www.e-psikologi.com
http://duniapsikologi.dagdigdug.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar